Rabu, 24 September 2014

Tips Memilih Daging Yang Segar

                        

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih daging segar dengan baik. Disini kita akan belajar dalam pemilihan daging dengan baik. Bukanlah perkara mudah bagi kita terutama ibu rumah tangga memilih daing yang baik, apalagi bagi yang masih awam terhadap ciri-ciri daging yang segar.
Banyaknya bagian daging sapi  juga bisa membuat kita bingung dan kurang teliti ketika membeli daging dan malah menyebabkan makanan yang kita konsumsi menjadi tidak sehat. Maka dari itu kita perlu sekali memperhatikannya.
Berikut ini beberapa tahap untuk mendapatkan daging berkualitas.
1. Warna Daging 
 
Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah busuk. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging adalah dari warnanya. Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor. Dan jangan sekali kita membeli daging yang tidak merah lagi, karena bisa jadi daging tersebut tak layak lagi kita konsumsi.
2.Tekstur Daging 
Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Hal ini berbeda dari daging yang busuk dimana  jika ditekan akan terasa lembek.
3.Aroma/ Bau Daging 
Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau memiliki bau khas dari daging tersebut. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam. Kalau dagingnya segar pasti bukan bau asam dari dagingnya. Jangan pilih daging dalam kemasan styrofoam berbungkus plastik wrap yang menampakkan cairan tersebut baik di supermarket atau dimanapun. Ketika membeli daging, Anda pasti melihat cairan berwarna merah mirip darah mengalir keluar dari daging. Itu bukan darah dari daging tapi adalah cairan jus yang keluar, dagingnya jadi tidak ada rasanya dan tidak enak
4.Daging Tak Berair
Jika Anda membeli daging mungkin Anda sering melihat cairan berwarna merah mirip darah Ketika membeli daging, Anda pasti melihat cairan berwarna merah mirip darah mengalir keluar dari daging. Itu bukan darah dari daging tapi adalah cairan jus yang keluar, dagingnya jadi tidak ada rasanya dan tidak enak. Cobalah untuk membeli daging yang tidak berair, karena jika berarir maka daging tersebut sudah berada cukup lama berada di udara bebas.
Selain dari tahap – tahap diatas kita juga perlu perhatikan dan pastikan daging yang kita beli itu Halal.
Penjual daging yang halal dan profesional tentu mempunyai izin halal dari pihak MUI. Pastikan Anda membeli daging dari penjual daging yang mempunyai izin halal.
Itulah beberapa tahap – tahap  yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan daging berkualitas.
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar