Rabu, 16 Oktober 2013

5 Langkah Merawat Baju Muslim Pesta Supaya Awet


Jangan salahkan baju Anda jika cepat rusak atau warnanya pudar. Anda harus merawatnya dengan detail di setiap tahap pencucian, bahkan ketika Anda memakainya.

Pernahkah Anda merasa bingung memakai baju apa ketika harus menghadiri sebuah undangan pesta? Kemudian Anda memutuskan membeli baju baru, padahal kalau Anda melihat ke dalam lemari pakaian, koleksi pakaian Anda di dalam lemari cukup banyak dan semuanya sebenarnya masih layak pakai. Alasan Anda biasanya warna baju sudah pudar, ada noda membandel, mengerut, sudah pernah dipakai, dan lain sebagainya.
Pakaian menjadi cepat rusak karena kebanyakan pemilik tidak mengerti cara merawat pakaiannya supaya awet dan selalu tampak baru. Hal paling mendasar untuk merawat pakaian adalah dengan mengetahui jenis kainnya. Setiap jenis kain memerlukan perawatan yang berbeda. Kemudian perhatikan juga label cara mencuci dan menyetrika yang biasanya terdapat di bagian dalam baju.
Lima tahap perawatan pakaian ini sebaiknya Anda perhatikan supaya pakaian Anda awet dan selalu kelihatan baru.

1. Tahap mencuciMencuci adalah proses awal dalam perawatan pakaian Anda. Berbeda jenis kain, berbeda pula teknik mencucinya. Biasanya di label pakaian sudah disebutkan bagaimana seharusnya pakaian itu dicuci, apakah menggunakan air biasa, air hangat atau tidak boleh menggunakan air sama sekali, yang artinya Anda harus membawanya ke jasa cuci dry cleaning. Pisahkan pakaian putih dan yang berwarna, tingkat kekotorannya, dan jenis bahannya karena beberapa jenis kain tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Anda juga harus memperhatikan penggunaan deterjen atau sabun cuci. Oleh karena itu, pilihlah deterjen yang aman untuk kulit. Di akhir pencucian, gunakan pelembut pakaian agar pakaian-pakaian Anda harum dan lembut. Keharuman Downy Passion, Attraction, dan Innocence bisa Anda pilih sesuai dengan karakter Anda.
2. Tahap menjemurMenjemur pakaian sebaiknya menggunakan hanger, supaya bentuknya tetap bagus. Kecuali pakaian dari bahan kaus, menggunakan hanger bisa menyebabkan melar di bagian leher. Jemur pakaian dalam keadaan terbalik, bagian dalam yang di luar. Hal ini untuk mencegah warna pakaian menjadi cepat pudar terkena sinar matahari.
3. Tahap menyetrikaPakaian yang hendak disetrika harus benar-benar dalam kondisi kering, supaya tidak bau apek. Cairan pelicin pakaian juga bisa dipergunakan selama tidak merusak bahan pakaian. Atur suhu setrika sehingga tidak menyebabkan pakaian Anda menjadi rusak.
4. Tahap penyimpananSimpanlah pakaian yang sudah rapi dan wangi di dalam lemari pakaian tertutup supaya tidak kena debu dan kotoran. Gunakan pewangi pakaian yang bisa digantung di dalam lemari atau gunakan kamper. Jika Anda tidak ingin repot, keharuman Downy yang tahan lama juga bisa diandalkan untuk membuat pakaian dan lemari Anda tetap terjaga keharumannya. Selain itu, pakaian sebaiknya diatur dengan rapi atau digantung dan tidak disimpan dalam lemari yang penuh sesak.
5. Cara pemakaianPakaian khusus dan mahal sebaiknya tidak terlalu sering digunakan. Pakaian yang biasa Anda kenakan untuk beraktivitas ke luar rumah, sebaiknya juga tidak dipakai untuk sehari-hari di rumah apalagi dibawa tidur. Sesuaikan pemakaian dengan kebutuhan dan tempatnya. Anda juga bisa memadu padankan pakaian-pakaian di lemari supaya tidak bosan.
Nah, dengan lima langkah mudah tadi, Anda tidak perlu lagi khawatir tidak punya baju bagus untuk pergi ke pesta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar