Selasa, 08 Oktober 2013

Ciri-ciri sprei yang bagus sprei Katun Jepang

Saya adalah penyuka sprei, dalam satu minggu bisa 2-3 kali ganti sprei. Awalnya saya membeli sprei yang banyak beredar di pasaran dengan berbagai merk. Terkadang ada yang halus, dingin, tapi pernah juga dapat yang kasar dan panas padahal dengan merk sprei yang sama. Entah apa yang membedakannya. karena itu, saya mulai tertarik untuk mempelajari ragam bahan sprei, dan mulai mengenal bagaimana cara memilih sprei yang nyaman digunakan untuk keluarga.

Berikut sekedar sharing tentang ciri-ciri sprei yang bagus :

Lembut waktu diraba / diletakan dipunggung lengan, jadi waktu memegang bahan sprei jangan hanya remas remas dgn ujung jari tapi langsung diraba penuh atau diletakan dipunggung lengan.

Licin, itu artinya mengandung satin utk sprei bagus dan bisa juga itu sprei jelek, bedanya jika satin itu licin dingin dan sprei yang kurang bagus terasa panas karena didominasi poly.

Ambil benangnya dan dibakar dgn api dari bawah keatas, jika api merambat naik perlahan berarti itu bahan bagus krn mengandung banyak katun sedang jika naik dengan cepat itu lebih banyak poly (tapi sebaiknya tdk perlu dicoba, krn berdasar drama korea yang pernah ditonton, itu nerbahaya 😀 )
Terawang bahannya kearas sinar, jika sangat menerawang maka dipastikan itu kerapatan benangnya rendah, semakin tinggi kerapatan benangnya tentu semakin solid bahannya jadi sulit ditembus cahaya.

Untuk warna luntur atau tidak, cukup kucek bahannya dengan ujung jari anda, jika meninggalkan bekas pewarna bisa dipastikan akan luntur jika dicuci, atau minta sample dan langsung anda rendam dengan detergen. Bahan sprei yang kurang bagus semakin direndam maka semakin habis warnanya. Tetapi pengaruh warna yang solid seperti merah atau hitam juga membuat sprei tampak tebal dan biasanya ada lunturan warna pada cucian pertama.

Terakhir tentu harganya :) , semakin tinggi harganya maka hampir bisa dipastikan semakin bagus bahannya, jika anda menemukan sprei dengan harga murah sekali dan diklaim sebagai bahan bagus tentunya tidak lebih dari jual kecap yang pasti nomor satu :)

Happy shoping, semoga tips nya bisa membantu 🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar