Iklan

banner image

Lebih Jauh Tentang Pabrik Plastik Injeksi


Mengenal Lebih Jauh Tentang Pabrik Plastik Injeksi

Pabrik plastik injeksi semakin berkembang seiring dengan kebutuhan akan plastik yang terus meningkat. Berdasarkan data, pemakaian plastik di Indonesia mencapai sekitar 2,5 juta ton setiap tahunnya. Namun, untuk tingkat permintaan sendiri lebih tinggi, yakni mencapai 4 juta ton. Untuk selisih 1,5 juta ton lainnya, berasal dari impor.

Produk-produk dari pabrik plastik injeksi tentunya tak asing lagi. Sebab keberadaannya sering temui di sekitar kita mulai dari berbagai macam perabotan rumah tangga, peralatan sanitary, sparepart otomotif, hingga komponen pesawat terbang

Nah, penasaran terkait plastik injeksi? Yuk, simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut terkait apa itu injection molding, bagaimana cara mesin tersebut bekerja, hingga pabrik plastik injection berkualitas dengan pelayanan yang mumpuni yang ada di Indonesia.

Apa Itu Injection Molding?

Injection Molding adalah proses pembentukan material termoplastik menggunakan mesinberbentuk jarum yang disuntikan pada cetakan. Pada pabrik molding plastik, lelehan plastik akan dimasukkan pada cetakan yang tertutup rapat sampai memenuhi seluruh ruang cetakan sehingga membentuk produk yang inginkan.

Mesin injection molding memiliki tiga komponen utama yaitu, clamping unit, molding unit, dan injection unit.  Clamping unit adalah bagian yang berfungsi untuk memegang dan mengatur gerak dari mold unit dan ejector melepaskan material. Molding unit merupakan bagian cetakan dimana plastik leleh dicetak dan didinginkan.

Sedangkan injection unit adalah bagian untuk melelehkan material plastik. Bagian ini terdiri dari motor hidrolik, injeksi silinder, hopper, barrel, pengumpan sekrup, dan lainnya.

Bagaimana Cara Mesin Injection Molding Bekerja?

Proses pada mesin injection molding atau mesin injeksi nampak sulit dimengerti. Namun, secara sederhana, proses produksi akan melibatkan tiga komponen utama.

Mesin bekerja dengan cara mengambil butiran material plastik yang lalu diterima pada hopper. Setelah itu, terjadi gesekan pada screw yang menghasilkan panas.

Pada umumnya, panas mencapai suhu 120-260 derajat celcius. Bila panas plastik sudah mencapai suhu yang diinginkan maka lelehan plastik dapat diinjeksi ke rongga cetak. Kemudian, lelehan plastik didinginkan menggunakan air. Dengan begitu, plastik akan mengeras sesuai dengan desain cetakan.

Kelebihan Mesin Injection Molding

  • Fitur yang kompleks

Saat proses pencetakan, mesin injeksi memiliki tekanan yang tinggi sehingga material yang dilepaskan dapat masuk ke ruang-ruang yang kecil sekalipun. Oleh karena itu, desain produk pun dapat lebih detail dan disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

  • Efisiensi yang Tinggi

Selain dapat menghasilkan produk dengan desain yang kompleks, mesin injeksi juga pembuatan proses produksi lebih cepat. Dengan hasil produksi yang tinggi, tentunya membuat mesin injeksi lebih efisien dari mesin konvensional.

  • Penggunaan berbagai jenis plastik secara bersamaan

Mesin injeksi dapat memproses berbagai macam plastik dalam waktu bersamaan. Hal ini tentunya memudahkan proses produksi karena tidak perlu berulang kali dalam mencetak suatu produk.

Selain itu, mesin ini juga meninggalkan sisa plastik yang cenderung sedikit.  Dengan begitu, penggunaan mesin injeksi sangat cocok untuk pembuatan produk secara masif pada pabrik injection plastik.

  • Biaya produksi berkurang

Mesin injeksi dapat melakukan pekerjaan rumit secara otomatis sehingga tidak memerlukan banyak operator. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan fitur Computer Aided Design (CAD) serta Computer Aided Manufacturing yang menghasilkan output yang tepat dan akurat.

Penggunaan mesin otomatis ini dapat meminimalkan human error. Dengan begitu, biaya produksi pabrik plastik injeksi pun dapat lebih rendah.

Kekurangan Mesin Injection Molding

Walaupun mesin ini memiliki banyak keunggulan, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui kekurangannya untuk mengantisipasi masalah yang timbul dari penggunaan mesin injeksi. Diantaranya adalah berikut ini:

  • Masalah pada mesin injeksi

Sama seperti alat elektronik lainnya, mesin injeksi pun memiliki permasalahan. Misalnya saja bagian screw yang tidak bisa mundur atau bagian mold yang tidak bisa menekan dengan tinggi (high press).

Hal ini terjadi dikarenakan salah penanganan atau usia mesin yang sudah tua sehingga tidak bisa memberikan performa yang prima. Selain itu, kurangnya perawatan rutin yang dilakukan pabrik plastik injeksi juga bisa menjadi penyebab masalah pada mesin.

  • Biaya Pengembangan

Untuk membuat cetakan yang kompleks tentunya tidak mudah. Tidak hanya memerlukan waktu yang relatif lama, namun juga adanya biaya lebih untuk pembuatan cetakan itu sendiri.

  • Produksi batch kecil

Mesin injeksi didesain untuk pembuatan produk dengan detail yang rumit. Oleh karena itu, biaya cetakan pun cukup tinggi. Hal ini akan membuat produksi pada pabrik injeksi plastik dalam skala kecil memakan biaya produk yang lebih tinggi.

Pabrik Plastik Injeksi Indonesia

Salah satu pabrik plastik injection Indonesia adalah PT Harmonic Plasindo Jaya. Perusahaan manufaktur ini sudah bergerak di bidang plastic injection molding sejak tahun 1987. Perusahaan ini menghasil produk plastik berkualitas untuk berbagai industri dengan menggunakan beragam material dan warna.

Dengan pengalaman yang lebih dari 30 tahun, PT Harmonic Plasindo Jaya tidak hanya berfokus pada kualitas namun juga pelayanan. Hal ini terbukti dengan adanya free konsultasi. Dengan begitu, Anda dapat bertanya hingga berdiskusi lebih dulu sebelum melakukan pemesanan. Selain itu, perusahaan ini juga melakukan pengiriman yang tepat waktu dengan harga yang kompetitif.

Dalam proses pembuatan produk, pabrik plastik injection moulding ini memiliki serangkaian tahapan, yaitu :

  • Desain Produk dan Protype

Pada awal pembuatan produk akan dilakukan pengembangan desain produk secara teknis maupun estetika terlebih dahulu. Tak lupa dilengkapi dengan prototyping 3D print yang dapat mempermudah proses desain produk yang diinginkan.

  • Pembuatan Cetakan

Setelah melakukan desain produk, akan dilanjutkan dengan pembuatan, modifikasi, atau perbaikan cetakan dengan peralatan canggih seperti CNC, EDM, Milling, Bubut, dan lainnya. Pengoperasiannya pun dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman.

  • Proses produksi

Pada proses ini, pabrik injection molding ini menggunakan berbagai jenis plastik dan warna dengan kualitas yang baik.

  • Paska Produksi

Dalam tahap ini, proses produksi tidak berhenti dengan melakukan pengemasan (packing). Namun juga dilakukan pula printing, hot stamping, ultrasonic welding, finishing hingga packaging.

  • Perawatan cetakan dan Perbaikan

Perusahaan ini juga memastikan cetakan digunakan dan disimpan dengan melalui serangkaian perawatan rutin yang total. Tak hanya kondisi yang selalu prima, namun juga memastikan alat memenuhi masa umur pakainya.

Perusahaan ini membuat produk untuk berbagai macam industri seperti industri elektronik, industri medis, peralatan rumah tangga dan lainnya. Produk yang diproduksi dimulai dari stop kontak, kompartemen untuk peralatan medis, hingga gelas, mangkok, sendok bayi.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat mendapatkan gambaran terkait proses injection molding, cara kerja mesin, hingga pabrik yang beroperasi di bidang ini. Sebagai tambahan, apabila Anda ingin mencari informasi lebih detail tentang pabrik plastik injeksi satu ini, Anda dapat mengakses laman berikut https://hpj.co.id/

Lebih Jauh Tentang Pabrik Plastik Injeksi Lebih Jauh Tentang Pabrik Plastik Injeksi Reviewed by Plasa Busana on 20.32 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.