Sabtu, 11 Agustus 2012

3 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memilih Pemanas Air untuk Rumah Tangga

Meta Deskripsi: Sebelum membeli pemanas air, perhatikan dulu tiga hal berikut ini!

Pemanas air kini menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang digemari banyak orang. Bagaimana tidak, dengan fungsinya yang dapat menghangatkan air secara instant, kita tidak perlu repot lagi memasak air terlebih dahulu jika ingin mandi air hangat. Cukup nyalakan pemanas air, dan tidak sampai 3 menit kucuran air dari keran akan langsung terasa hangat. Meski begitu, memilih pemanas air ini tentunya juga tidak boleh sembarangan. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memperhatikan tiga hal berikut ini agar mendapat pemanas air terbaik yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

1.     
Jenis Pemanas Air
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang pemanas air adalah jenisnya. Jenis pemanas air dibedakan menjadi 3 macam berdasarkan penggunaan energinya, yakni pemanas air listrik, pemanas air gas, serta pemanas air tenaga surya. Pemanas air tenaga surya sangat cocok bagi Anda yang tinggal di daerah panas. Apabila rumah Anda berlokasi di daerah sejuk, pemanas air gas bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih irit dan mudah dalam pemasangan. Sedangkan untuk electric heater, Anda sebaiknya mempertimbangkan dulu kekuatan daya listrik di rumah karena alat ini membutuhkan energi listrik yang lumayan besar.

2.     
Merek Pemanas Air
Hal berikutnya yang juga harus Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih pemanas air adalah mereknya. Di pasaran, beberapa merek pemanas air yang terkenal tahan lama adalah Ariston Water Heater, Modena Water Heater, Wasser Water Heater, serta Wika Water Heater. Khusus untuk Wika, merek ini menawarkan produk pemanas air bertenaga surya yang sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan air hangat di rumah. Jika dibandingkan dengan pemanas listrik gas atau listrik, pemanas listrik dari Wika ini lebih aman, hemat, tahan lama, serta andal untuk digunakan pada kondisi apapun.

3.     
Biaya Operasional
Nah, setelah mempertimbangkan jenis dan merek pemanas air yang ingin dipilih, hal terakhir yang juga tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah soal biaya operasional. Dari jenis dan merek pemanas air yang ada, mana  kira-kira yang lebih hemat? Untuk pemanas air listrik yang memiliki kapasitas listrik 10 liter, daya listrik yang dibutuhkan biasanya sekitar 200 watt. Sementara untuk pemanas air gas, 1 tabung gas titanium kecil yang beratnya 5 kilogram biasanya bisa bertahan sekitar 2 sampai 3 bulan untuk pemakaian setiap hari. Apabila Anda memilih pemanas air bertenaga surya, Anda hanya akan mengeluarkan biaya yang besar di awal saja. Setelah itu, biaya operasional akan lebih hemat jika dibandingkan dengan pemanas air atau gas karena energi yang digunakan untuk menghangatkan air menggunakan panas matahari.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih pemanas air untuk kebutuhan rumah tangga. Semoga bermanfaat!    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar