Selasa, 19 Juni 2012

Mengenal Lebih Jauh Tentang Komposisi Dan Spesifikasi Penyusun Mobil Pemadam Kebakaran.

Pemadam kebakaran harus selalu siap mengatasi bencana kebakaran sesuai dengan wilayah bekerjanya. Agar cepat mencapai tempat tujuan dengan membawa peralatan, air, dan juga beberapa perlengkapan lain yang mungkin dibutuhkan untuk mengatasi kebakaran. 

Biasanya, karoseri mobil pemadam kebakaran berbentuk truk dan memiliki penyimpan air, sirine dan juga bercat merah menyala. Termasuk kendaraan yang dikategorikan sebagai kendaraan darurat seperti Ambulan, mobil polisi, dan jenazah, setiap pengemudi diwajibkan untuk memberikan jalan apabila mobil pemadam kebakaran lewat dan membunyikan sirine. 

Namun,bagaimanakah komposisi dan spesifikasi penyusun mobil pemadam kebakaran? Kali ini penulis akan membahas selengkapnya tentang kendaraan darurat milik pemadam kebakaran.

Mobil pemadam kebakaran secara garis besar adalah mobil/truk yang memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai pengangkut orang dan barang seperti mobil biasa dan sebagai pemadam kebakaran. Karena 2 fungsi ini, mobil pemadam kebakaran memiliki 2 sistem, yaitu sistem engine dan chassis , serta sistem pompa dan power take off. 

Kedua sistem ini digabungkan melalui sistem mekanik, elektrik, konstruksi bodi dan sistem perpipaan. Seluruhnya, termasuk karoseri mobil pemadam, diatur untuk dapat berfungsi sebagai alat pemadam kebakaran sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan peralatan yang harus ada pada mobil pemadam kebakaran agar dapat bekerja secara maksimal, di antaranya adalah:

Selang pemadam kebakaran
Disebut juga sebagai hose, selang pemadamkebakaran berguna untuk menyalurkan air dari sumber air seperti hydrant, kantung air pada mobil pemadam kebakaran, bahkan sungai yang terletak di dekat lokasi kejadian kebakaran.

Fire nozzle
Pengarah air ini biasa dipasang di ujung selang pemadam kebakaran dan berfungsi untuk mengatur tekanan air dan mengarahkan air ke sumber api. Penggunaannya disesuaikan dengan jenis api yang akan dikendalikan di tempat kebakaran. 

Fire Axe 
Kampak pemadam kebakaran ini dikhususkan untuk menjebol pintu atau benda lain yang menghalangi penyelamatan di saat bencana kebakaran. 

Fire helmet
Helm ini dibuat khusus untuk melindungi kepala dan leher petugas pemadam kebakaran dari api. Meskipun dirancang sangat kuat, namun masih memiliki kemampuan untuk memberikan sudut pandang yang luas bagi pemadam kebakaran melalui visornya yg besar.

Baju tahan panas firefly
Baju ini mampu melindungi petugas pemadam kebakaran. Selain aman, tahan api, dan tahan air, baju ini memiliki warna mencolok yang dapat dilihat dengan mudah. Dibuat sangat ringan dan anti panas agar petugas pemadam kebakaran dapat dengan mudah menembus api  dan menyelamatkan korban kebakaran.

Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi dengan berbagai tombol yang bisa dioperasikan untuk membantu proses pemadaman api, di antaranya tombol untuk memasukkan pompa air, mengatur debit dan tekanan, dan juga untuk melepaskan aliran air. Adapun perakitan karoseri mobil pemadam kebakaran disesuaikan dengan jenis dan kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar