Rabu, 27 Juni 2012

Pemanas Air Listrik dan Pemanas Air Tenaga Surya, Manakah yang Lebih Baik?

Meta Deskripsi: Bingung memilih antara pemanas air listrik atau pemanas air tenaga surya? Simak dulu perbandingannya dalam artikel berikut!

Sebagai calon pembeli, pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memilih pemanas air tentu bukan hanya pada fungsinya saja, tetapi juga soal efisiensi, keamanan, daya tahan, serta biaya operasional selama pemakaian water heater. Bagi Anda yang masih bingung memilih antara pemanas air listrik atau pemanas air tenaga surya, berikut adalah perbandingan kedua jenis pemanas air tersebut.

Pemanas Air Listrik

Secara umum, pemanas air yang menggunakan energi listrik ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu yang menggunakan tabung reservoir dan tanpa tabung reservoir (instant). Untuk model yang menggunakan tabung reservoir, harga per unitnya masih relatif murah. Bentuk alatnya hampir mirip dengan termos es, namun dapat menyuplai air sendiri apabila persediaan air berkurang. Kekurangannya, daya listrik yang dibutuhkan relatif besar. Semakin besar tabung, semakin besar pula konsumsi daya listriknya. Sedangkan untuk model yang tanpa tabung reservoir, cara kerjanya meniru cara kerja pemanas air gas yang dapat menghangatka air secara instant. Karena tidak perlu memanaskan air berliter-liter sebagai persediaan, konsumsi listrik yang dibutuhkan tidak sebesar model yang menggunakan tabung reservoir. Sayangnya, harga per unitnya masih cukup mahal. Secara keseluruhan, pemanas air listrik ini cocok bagi Anda yang memiliki usaha hotel atau kos-kosan yang biaya listriknya ditanggung oleh tamu atau penyewa. Pasalnya selain lebih aman, Anda juga tidak perlu repot mengganti tabung gas setiap beberapa bulan sekali seperti water heater gas. Untuk mereknya, beberapa yang cukup terkenal adalah pemanas air listrik Ariston, Wasser, serta Daaldrop.

Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya bisa dibilang merupakan jenis pemanas air yang paling hemat. Pasalnya, alat ini menggunakan sumber energi dari panas matahari yang bisa diperoleh secara gratis.  Apabila cuaca sedang mendung sehingga energi sinar matahari yang dibutuhkan tidak mencukupi, Anda juga tidak perlu khawatir karena alat ini juga memiliki back up heater yang dapat memanaskan air menggunakan energi listrilk. Dengan ukuran tabungnya yang besar, pemanas air jenis ini pun cocok untuk kebutuhan rumah tangga ataupun bisnis. Kekurangannya, harga dan biaya untuk pemasangan pemanas air tenaga surya ini masih relatif mahal. Apalagi, Anda juga masih memerlukan pipa yang cukup panjang untuk menyalurkan air panas dari atap ke kamar mandi. Namun, biaya operasional yang perlu Anda keluarkan tidak akan sebanyak pemanas air gas atau listrik karena Anda tidak perlu mengganti tabung gas selama beberapa bulan sekali dan konsumsi listrik yang digunakan hanya seperlunya saja. Untuk mereknya, salah satu merek pemanas air tenaga surya yang tahan lama dan cukup terjangkau adalah Wika Solar Water Heater. Untuk info selengkapnya, kunjungi saja website resminya di alamat berikut wikawaterheater.com. Nah, demikianlah perbandingan antara pemanas air listrik dan pemanas air tenaga surya. Semoga bermanfaat.

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar