Iklan

banner image

Membuat Konten Di Sosial Media

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial, saat ini keberadaan jasa pengelolaan media sosial untuk kebutuhan penjualan sudah tidak dapat diragukan lagi. Pelaku usaha kecil atau pun besar kini sama-sama memiliki media untuk melakukan penjualan secara langsung. Hal ini menjadikan mereka memiliki kesempatan yang sama untuk terhubung secara langsung dengan konsumen.

Melalui keberadaan internet dengan berbagai platform yang tersedia, pelaku usaha dapat melakukan penjualan dan promosi secara langsung. Media yang diguanakn Marketplace, toko Online berupa website, dan juga media sosial seperti halnya Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp dan banyak lagi yang lainnya yang saat ini dijadikan media untuk ‘jualan’ Online.

Di dalam menjalankan jualan Online ada banyak strategi yang perlu dilakukan. Sebelum kita sampai pada bagaimana strategi yang tepat dalam menjalankan digital marketing, pertama-tama kita perlu berkenalan dengan konten. Karena banyak pelaku usaha yang memasuki ranah digital marketing namun belum paham apa itu konten. Mereka tidak membawa serta konten yang tepat guna menarik pasar atau calon pembeli.

Apa Itu Konten?

Sebelum kita berlanjut dalam pembahasan Pengelolaan Media Sosial pelru kita ketahui terlebih dahulu apa itu konten. Konten adalah (bahasa Inggris: content) adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Penyampaian konten dapat dilakukan melalui berbagai medium seperti internet, televisi, CD audio, bahkan acara langsung seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Istilah ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menguantifikasi beragam format dan genre informasi sebagai komponen nilai tambah media.

Dapat disimpulkan bahwa konten menjadi bagian yang sangat penting di dalam sebuah media. Dalam hal ini media yang kita gunakan sebagai perwakilan dari usaha kita, misalnya dalam bentuk Akun Official dari nama usaha atau produk yang kita tawarkan kepada calon konsumen.

Menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha untuk dapat membuat konten iklan dan promosi yang tepat, dan juga dapat menyediakan konten yang berkualitas. Tepat dan berkualitas yang dimaksud adalah; konten yang diupload ke media sosial tidak selalu berupa promosi atau iklan jualan produk, namun lebih dari itu adalah konten yang dapat memberikan informasi dan menambah kedekatan antara produk atau perusahaan dengan para konsumen.

Dalam perkembangan dunia digital marketing saat ini, kebutuhan dan permintaan akan sebuah konten media sosial, konten promosi, konten promosi produk, konten promosi jasa yang baik dan tepat sasaran terus meningkat. Oleh sebab itu Cara Membuat Desain dan Konten Instagram menjadi sangat penting agar dilakukan dengan tepat.

Peningkatan permintaan atas pembuatan konten promosi media sosial yang tepat sasaran ini karena saat masyarakat pun mendapatkan banyak sekali konten dari berbagai media yang beragam. Sehingga masyarakat sebagai calon pembeli akan melakukan perbandingan satu produk dengan produk lain, salah satunya melihat dari konten promosi yang dilakukan.

Apa itu Promosi?

Konten yang kita buat adalah bagian dari upaya melakukan promosi dari pada produk. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengonsumsinya.

Menurut Kotler Promosi ialah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi atau promotional mix. Di dalam Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial tentu bauran pemasaran menjadi salah satu poin yang perlu dipertimbangkan.

Pada dasarnya tujuan dari pada promosi adalah untuk memberikan informasi dari produk atau jasa yang kita buat kepada konsumen atau pasar. Kemudian promosi juga bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi pasar agar membeli atau menggunakan produk yang kita tawarkan. Lebih jauh, promosi akan berguna di dalam upaya menciptakan kesan atau images dari produk atau jasa yang kita tawarkan.

Promosi memiliki makna yang berbeda di mata produsen dan konsumen. Bagi produsen, promosi adalah satu kegiatan untuk menginformasikan produk atau jasa, kemudian membujuk konsumen untuk membeli serta menjadi pengingat agar para konsumen untuk tidak melupakan produk.

Sedangkan bagi konsumen promosi bermakna sebuah komunikasi antara produsen dan konsumen. Sehingga kegiatan promosi adalah salah satu cara dari perusahaan (barang/jasa) untuk meningkatkan volume penjualan produknya (pembelian).

Sehingga kembali pada pembahasan penting bagi kita pelaku usaha untuk memahami kebutuhan dari konten promosi. Di internet telah banyak yang memberikan contoh konten promosi mengulas bagaimana cara membuat konten promosi baik untuk kebutuhan market place, kebutuhan website atau pun contoh konten promosi di Instagram.

Di dalam perkembangannya konten promosi pun menjadi berbeda-beda antara produk jasa dan barang. Di setiap bidang pun akan mengalami perbedaan, misalnya bagaimana cara membuat konten promosi untuk konten promosi makanan, konten promosi produk pakaian, konten promosi sekolah atau lembaga. Semua memiliki cara masing-masing.

Cara Membuat Konten Promosi di Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang saat ini ramai pengguna dan terus meningkat. Kegunaan Instagram yang awalnya sebagai media berbagi foto dan video pun telah berubah menjadi media yang dimanfaatkan untuk jualan Online.

Perkembangan Instagram yang sangat pesat dan sukses, tentu menjadi dasar mengapa kemudian para pelaku usaha menggunakan Instagram untuk jualan. Banyak pelatihan atau cara untuk berjualan di Instagram yang diadakan oleh berbagai lembaga, juga telah banyak dibahas oleh blogger atau pelaku digital marketing.

Dalam kesempatan ini saya hanya ingin membagikan sedikit strategi atau cara membuat promosi konten Instagram untuk jualan yang sukses. Mari gunakan cara membuat konten promosi dengan memperhatikan hal-hal penting di Instagram di bawah ini:

1. Kenali Audiens Konten Instagram

Di dalam membuat konten promosi dan strategi promosi atau jualan di Instagram yang pertama harus kita lakukan adalah bagaimana kita mengenali audiens dari followers atau calon followers kita. Followers yang dimaksud adalah ‘pasar potensial’ atau mereka yang akan kita tarik sebagai pembeli dan pengguna dari produk yang kita tawarkan.

Penting untuk kita siapkan sejak awal riset atau survei mengenai target pasar kita di Instagram. Sebagai contoh misalnya kita akan berjualan  sepatu, kemudian sepatu kita adalah merek atau brand yang identik dengan anak muda, sepatu kita khusus untuk pria.

Maka kita perlu membuat konten yang berhubungan dengan tema sepatu anak muda, dengan target pasar mereka berjenis kelamin laki-laki, pada rentang usia tertentu, pada kisaran pendapatan tertentu dan lain sebagainya.

Ketika kita telah mengenali siapa audiens kita, maka kita bisa mempersiapkan konten promosi yang tepat, sehingga postingan Instagram yang kita buat akan menjadikan followers dalam hal ini pasar tertarik dan berinteraksi dengan kita.

Interaksi dan ketertarikan ini, pada akhirnya akan menjadikan lead yang berujung pada penjualan produk, dan pada akhirnya akan muncul loyalitas serta kenyamanan dari pelanggan atas produk atau jasa yang kita tawarkan.

2. Perhatikan Panjang Pendek Caption Postingan Instagram

Selain konten dalam hal  ini berupa tampilan gambar, foto atau video dari produk dan informasi yang ingin kita sampaikan kepada pasar  atau followers instagram. Penting sekali untuk kita memperhatikan caption yang kita buat.

Desain dari sebuah postingan memang penting, karena itu adalah konten yang akan dilihat pertama kali oleh followers dan calon pasar, namun jangan lupakan caption. Caption yang tepat, akan memberikan nilai dan mampu menjadikan followers mengambil tindakan.

Tindakan atau interaksi di dalam instagram dapat berupa like, menyimpan postingan, membagikan dalam story, atau merekomendasikan kepada orang lain, baik membagikan ke whatsaapp atau pun media sosial lain. Story ini menjadi saluran yang cukup efektif di dalam strategi media sosial dan Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial berupa story ini pernah saya bahas sebelumnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar interaksi followers dan kita sebagai pemilik akun  usaha dapat tercipta adalah dengan membuat caption yang tepat.

Caption yang tepat adalah caption yang tidak terlalu panjang, tidak bertele-tele atau basa basi, mudah di pahami, dan sesuai dengan isi konten. Fungsi caption adalah memberikan informasi yang pas dan tepat sasaran. Buat caption agar follower berinteraksi, misalnya memberikan like dan komentar.

3. Gunakan Hashtag Postingan Instagram Yang Tepat

Di dalam Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial selain caption yang memberikan informasi dan ajakan untuk berinteraksi. Di dalam sebuah unggahan konten Instagram perlu untuk menyematkan yang namanya hastag atau tagar

Hastag Instagram berfungsi untuk membuat link dari postingan yang kita buat, sehingga akan mudah ditemukan oleh orang lain dari hastag yang kita buat.  Dalam hal ini mereka yang bukan followers kita pun dapat mengakses atau dijangkau dengan menggunakan hastag.

Instagram sendiri membatasi penggunaan hashtag sampai 30 hashtag. Sebagai informasi penggunaan hashtag dapat meningkatkan engagment sebesar dari sebuah konten Instagram lebih dari 30% jika kita menggunakan dengan tepat.

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial juga perlu diimbangi dengan bagaimana cara mencari hastag yang tepat? Untuk pengguna Instagram hastag yang tepat tentu disesuaikan dengan promosi atau konten yang dibuat. Jenis konten ini harus disesuaikan dengan hastag yang tepat.

Misalnya jika Anda jualan sepatu. Maka Anda bisa menggunakan hastag yang berhubungan dengan sepatu,  atau juga dapat menggunakan hastag yang sedang hangat saat ini, namun harus didukung dengan  caption dan postingan yang mendukung.

Banyak tols yang dapat digunakan untuk membuat atau mencari hastag yang tepat dan potensial untuk bisnis atau konten yang kita buat di Instagram.  Tools pembuat hastag yang umum digunakan dalam jualan Online misalnya https://keywordtool.io/instagram

4. Sesekali Buat Postingan Pertanyaan Untuk Follower di Instagram

Keterlibatan  atau interaksi followers akan sangat penting di dalam menjalankan strategi promosi di media sosial termasuk ketika kita menggunakan Instagram.

Tentu followers membutuhkan tidak hanya informasi dalam bentuk konten menarik, dan juga promosi dari sebuah produk yang kita jual. Coba ajak followers kita terlibat dengan membuat pertanyaan.

Model konten berupa pertanyaan ini dapat menggunakan feeds atau  juga intsgaram story yang mana telah mendukung untuk membuat pertanyaan dan tanya jawab atau quis kepada para followers.

Sesekali kita juga dapat mengadakan give away dalam program tanya jawab atau quisz. Semakin interaktif dan melibatkan followers maka pasar akan semakin dapat kita ciptakan. Tentu pada akhirnya adalah bagaimana penjualan dari produk kita akan meningkat.

5. Jadwalkan Postingan Instagram

Kunci  dari melakukan promosi media sosial seperti halnya promosi di Instagram adalah dengan secara teratur dan konsisten untuk mengupload atau memberikan konten yang menarik kepada followers.

Ketika kita hanya muncul dengan memberikan unggahan jualan produk, kemudian hilang, dan muncul lagi, maka followers dan calon pembeli akan meninggalkan kita, karena dianggap tidak aktif.

Melakukan penjadwalan postingan instagram menjadi kunci yang perlu untuk dilakukan bagi setiap pelaku usaha yang ingin menggunakan sosial media seperti halnya Instagram.

Penjadwalan misalnya bisa sehari sekali, atau seminggu empat kali. Untuk mempermudah dalam membuat jadwal Instagram, kita bisa membuat postingan terjadwal secara otomatis. Di dalam melakukan digital marketing selain menguasai Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial juga penting untuk memiliki kemampuan penjadwalan atau autoposting.

Selain hal-hal utama di atas di dalam Membuat konten promosi Instagram perlu juga memperhatikan cara membuat konten promosi di Instagram yang disesuaikan dengan jenis produk yang kita buat atau tawarkan.Kita bisa mencari banyak contoh konten promosi produk melalui referensi yang ada di internet.Dengan memiliki banyak referensi dalam membuat konten promosi yang menarik dapat memberikan dampak yang baik di dalam melakukan penjualan produk.

Di dalam Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial ada pertanyaan bagaimana membuat konten promosi yang menarik? Ini menjadi pertanyaan yang sering disampaikan kepada saya, jawabannya selalu sama, cara membuat konten promosi yang menarik adalah dengan kita memahami produk kita dan audiens kita. Buat konten yang tidak hanya bertujuan ‘jualan’ tapi juga konten yang syarat dengan informasi yang berguna bagi pasar atau followers.

Strategi Konten Marketing di dalam Membuat Konten Promosi Sosial Media

Kembali kepada pertanyaan dan judul artikel ini yaitu Cara Membuat Konten Promosi di Media Sosial,  tentu tidak terlepas dari bagaimana strategi konten marketing di dalam membuat konten promosi sosial media.

Strategi konten marketing menjadi sangat penting di dalam menjalankan digital marketing sebagai pilihan saluran pemasaran. Oleh karenanya, penting di dalam membuat konten, untuk memperhatikan berbagai teknik atau strategi agar konten yang dibuat dapat tepat sasaran dan mempengaruhi konsumen untuk membeli.

Strategi konten di sosial media ini misalnya dapat dilakukan dengan memperhatikan model pembuatan iklan sebuah produk. Strategi membuat iklan ini telah dilakukan sejak dulu yaitu model promosi konvensional.  Ini bisa kita tarik dalam upaya membuat konten promosi digital.

Cara Membuat Konten Promosi Di Media Sosial Yang Tepat

Bagaimana cara membuat konten promosi media sosial atau konten iklan agar ampuh menjadikan audiens tertarik dan tergerak dari konten yang kita buat. Ini pertanyaan yang penting untuk kita jawab di dalam membuat konten promosi, terutama ketika menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran.

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial perlu untuk melihat dan menjawab pertanyaan Apa saja yang perlu dilakukan ketika membuat promosi atau iklan dari produk kita? Jawaban dari pertanyaan ini, setidaknya kita perlu melihat dari 3 sudut pandang konten agar audiesn melirik dari produk kita yaitu:

1. Pain Pendekatan Konten Dengan Ketakutan

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial yaitu pertama dengan mengedepankan ketakutan atau pain. Pain adalah strategi konten dengan pendekatan konten yang memanfaatkan sisi ketakutan seseorang, segala hal yang bisa membuat calon konsumen atau pasar merasa tidak nyaman, merasa kehilangan, merasa rugi, dan merasa takut kalau hal itu terjadi.

Membuat promosi iklan sosial media dengan teknik pain ini misalnya dengan meletakan pada caption atau desain dengan kalimat seperti contoh berikut:

  1. Untuk promosi produk dengan mengadakan diskon: “Diskon 70%, buruan beli, hari ini promo terakhir, jangan sampai kehabisan”
  2. Untuk promosi produk jasa asuransi misalnya: “Berikan jaminan kesejahteraan untuk keluarga Anda walau Anda sudah tiada, dapatkan jaminan dengan premi terbaik hanya bulan ini.”
  3. Untuk promosi properti misalnya: “Merasa  tidak nyaman masih harus tinggal dengan mertua? Segera dapatkan hunian impian Anda hanya dengan DP 1 Juta. Jangan sampai kehabisan, unit terbatas.”

2. Logic Promosi Produk Dengan Kelogisan

Logic adalah pendekatan di dalam melakukan promosi atau membuat konten dengan menyentuh sisi kelogisan seseorang ‘konsumen’. Bisa dilakukan dengan menggunakan testimoni, kata ahli atau pakar, statistik data, case study, dan  berbagai hal yang membuat produk yang kita tawarkan masuk akal.

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial dengan mengedepankan kelogisan ini sejalan dengan kondisi konsumen yang pada dasarnya konsumen kita tentu membutuhkan logic atau kelogisan dari produk yang kita tawarkan. Sehingga penting bagi kita untuk meyakinkan produk kita agar dapat diterima atau logic bagi konsumen. Contohnya sebagai berikut:

  • Menggunakan Testimoni dari mereka yang sudah membeli.
  • Memanfaatkan ulasan produk yang konsumen lakukan di dalam market place.
  • Menggunakan pendapat pakar atau ahli.
  • Menggunakan data penjualan best seller dari produk kita.
  • Menggunakan studi kasus dari penggunaan produk kita.

3. Pleasure Promosi Produk Dengan Mengedepankan Keuntungan

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial dengan mengedepankan pleasure atau keuntungan. Pleasure adalah strategi dalam melakukan konten promosi yang mengedepankan pendekatan konten dengan menyentuh sisi manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan oleh pembeli atau konsumen pasar kita.

Model promosi dengan mengedepankan keuntungan ini banyak dan sering kita jumpai, dan terbukti selama ini masih sangat berguna ketika produk melakukan strategi dengan mengedepankan manfaat yang akan di dapatkan oleh pengguna. Contohnya sebagai berikut:

  1. Buy 1 get 1 free  alias beli satu gratis satu.
  2. Rumah idaman dengan DP 0%.
  3. Membersihkan bercak kulit dalam 7 hari pemakaian.

KESIMPULAN

Demikian pembahan mengenai Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial pada dasarnya dalam upaya membuat konten promosi media sosial tetap harus mempertimbangkan banyak poin seperti yang telah dibahas di atas. Tentu menjadi penting agar tidak hanya sekedar membombardir akun media sosial kita dengan produk jualan, namun juga membuat konten yang memberikan informasi dan melakukan komunikasi dengan baik kepada konsumen.

Semoga pembahasan kali ini mengenai Cara Membuat Konten Promosi di Media Sosial dapat dijadikan rujukan bagi sahabat sekalian untuk memulai membuat konten promosi media sosial di sesuaikan dengan produk yaitu produk HNI. Nah, karena pada kali ini kita membahas konten, tentu memerlukan caption yang menarik. Insya Allah pada pekan depan kita akan membahas menulis caption agar menarik.

Membuat Konten Di Sosial Media Membuat Konten Di Sosial Media Reviewed by Plasa Busana on 02.56 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.