Rabu, 09 Mei 2012

Pangsa Pasar Busana Muslim 2012


Pangsa Pasar Busana Muslim 2012

Pangsa Pasar Busana Muslim- Baju Muslim sudah menjadi tren saat ini terutama di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia sehingga sangat prospektif sebagai target pasar. Oleh karena itu, usaha Baju Muslim merupakan sebuah pilihan yang jitu saat ini.
Sebagai kebutuhan pokok, pakaian akan selalu dibutuhkan tanpa dibatasi musim. Kapan pun orang akan selalu membutuhkannya. Apalagi, bisnis pakaian dipengaruhi oleh tren yang selalu berkembang. Ketika muncul model baru, orang akan segera memburunya agar tidak ketinggalan mode.
Dahulu, orang yang berpakaian Muslim dianggap aneh dan kolot. Sekarang justru sebalikya, di tempat-tempat umum, sekolah, instansi dan resepsi pernikahan didominasi oleh orang yang mengenakan
Baju Muslim. Bahkan, orang yang tidak biasa berbaju Muslim pun jadi ikut-ikutan mengenakan jenis Baju ini.
Apalagi, pada waktu-waktu tertentu kebutuhan akan Baju Muslim meningkat tajam, terutama menjelang bulan Ramadhan. Ini merupakan masa panen bagi pengusaha Busana Muslim. Permintaannya meningkat tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari beberapa negara Muslim lainnya.
Apalagi Baju Muslim saat ini memiliki desain yang beragam dan mengikuti perkembangan mode sehingga orang tidak malu memakainya. Di samping itu, jenis Baju Muslim juga beragam mulai dari kerudung, baju anak, baju dewasa, dan mukena. Bahkan, setiap jenis produk tersebut tersedia bagi segala lapisan usia.
Indonesia sendiri merupakan pangsa pasar yang prospektif untuk Busana Muslim. Dengan jumlah penduduk sekitar 230 juta lebih dan mayoritas Muslim, Indonesia merupakan Pasar yang sangat menggiurkan. Bahkan, tingkat pendapatan rata-rata penduduk Indonesia sepanjang tahun mencapai 21,7 juta rupiah pertahun. Dengan demikian, tidak aneh jika semakin banyak orang, yang membidik pasar Baju Muslim di Indonesia.
Bahkan, peluang bisnis Baju Muslim tidak hanya cerah di Indonesia, tetapi juga di dunia, terutama di negara-negara Muslim. Pangsa pasar produk Baju Muslim dunia diperkirakan lebih dari US$96 miliar per tahun atau setara dengan Rp861,1 triliun per tahun. Pangsa pasar ini belum semuanya terpenuhi apalagi populasi Muslim dunia terus bertambah hingga mencapai 1,6 miliar hingga kini.
Angka ini sangat menjanjikan jika ditinjau dari sisi marketing, jika pendapatan meningkat, daya beli juga akan meningkat. Oleh sebab itulah, peluang ini tidak hanya dimanfaatkan oleh pengusaha lokal, tetapi juga oleh pengusaha dari luar negeri yang memasarkan produknya ke Indonesia.
Beberapa pengusaha busana kelas dunia mulai tertarik untuk menggarap pangsa pasar Baju Muslim, di antaranya Anne Klein dan Ralph Lauren. Perusahaan ini sudah mulai memproduksi Baju Muslim untuk memenuhi permintaan di seluruh dunia. Bahkan, Kota Paris yang selama ini kita kenal sebagai pusat mode dunia merupakan salah satu pengekspor pakaian Muslim terbesar di dunia.



Oleh : plasabusana.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar